Vokalis Band yang Hengkang Tahun 2011

Tahun 2011 sebentar lagi berakhir. Menengok ke belakang, ada berbagai peristiwa yang terjadi di dunia musik Tanah Air sepanjang tahun 2011. Salah satunya menyangkut vokalis band.

Entah hanya kebetulan atau memang sengaja, ternyata tahun ini cukup banyak vokalis di Indonesia yang hengkang dari grup musik mereka. Paling tidak ada lima orang.

Ada yang keluar secara baik-baik, ada juga yang pergi diwarnai kabar perselisihan dengan personel lain. Ada yang mengusung alasan sederhana, ada juga yang tidak jelas.

Siapa saja vokalis band yang hengkang? Inilah mereka...

Once

Sebenarnya sejak tahun lalu, kabar rencana keluarnya Once dari Dewa 19 telah menyeruak tapi masih belum jelas. Akhirnya, pada awal tahun 2011 lalu, kepastian itu muncul. Ahmad Dhani mengumumkan pengunduran diri vokalis bernama asli Elfonda Mekel itu dari Dewa 19. Alasan? Dalam wawancaranya dengan Rolling Stone Indonesia, ia mengatakan merasa sudah tidak pas lagi dengan Dewa 19 sehingga percuma jika diteruskan. Once sendiri menjadi vokalis grup musik asal Surabaya tersebut sejak album “Bintang Lima” (2000). Setelah hengkang, Once sedang bersiap meluncurkan album solo perdananya. Beberapa single-nya sudah dirilis terlebih dahulu.

Pongki

Hampir sama dengan Once, kabar hengkangnya Pongki dari Jikustik sudah tersiar cukup lama. Apalagi dia sempat membuat grup musik baru bernama The Dance Company. Hingga Jikustik sudah punya vokalis baru, statusnya masih belum jelas antara keluar atau vakum. Baru pada 31 Maret 2011 lalu, Pongki resmi mengundurkan diri sebagai vokalis dari grup musik yang telah bersamanya sejak 1996 itu. Selanjutnya, penyanyi bernama lengkap Stefanus Pongki Tri Barata itu sibuk mempersiapkan album solonya. Saat ini, dua single dari album yang bertajuk “Sunrise” sudah dirilis.

Anji

Tanggal 1 Mei 2011 lalu, Erdian Aji Prihartanto atau Anji menyatakan mundur dari Drive setelah sekitar enam tahun menjadi vokalis grup itu. Alasannya adalah dia punya masalah dengan manajemen grup musik yang melejit lewat lagu “Bersama Bintang” dan “Tak Terbalas” tersebut. Sekarang Anji sedang sibuk sebagai penyanyi solo. Album pertamanya yang bertajuk “Luar Biasa” dirilis belum lama ini.

Charly

Kabar cukup mengejutkan muncul di awal Oktober 2011 lalu. Charly hengkang dari ST12. Apa alasan vokalis bernama lengkap Muhammad Charly van Houten itu keluar? Belum jelas, tapi tampaknya karena hubungannya yang kurang harmonis dengan Pepep, sang penggebuk drum. Apalagi beberapa hari kemudian, muncul kabar Pepeng (gitaris) juga menyusul keluar dari grup musik yang kondang dengan lagu-lagu seperti “Rasa yang Tertinggal” dan “Saat Terakhir” itu.



Semoga aja tidak ada lagi vokalis dalam negeri yang berpisah dengan grup musiknya. Paling tidak, hingga tahun 2011 ini berakhir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...