Valentino Rossi Biografi

Valentino Rossi, (lahir 16 Februari 1979 di Urbino), adalah pembalap sepeda motor Italia profesional dan beberapa Juara Dunia MotoGP. Dia adalah salah satu pembalap motor paling sukses sepanjang masa, dengan sembilan Grand Prix Kejuaraan Dunia untuk nama-Nya - tujuh yang di kelas utama.

Setelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada 1996 untuk Aprilia di kategori 125cc dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda pada tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan terus beruntun nya back-to-back dengan memenangkan kejuaraan tahun 2004 dan 2005 setelah meninggalkan Honda judul untuk bergabung Yamaha, sebelum mendapatkan kembali gelar pada 2008 dan menyimpannya dalam 2009.He meninggalkan Yamaha untuk bergabung Ducati untuk musim 2011.

Rossi adalah yang pertama dalam semua waktu 500 cc / MotoGP memenangkan perlombaan klasemen, dengan 79 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa menang klasemen keseluruhan dengan 105 menang balapan (di belakang Giacomo Agostini dengan 122).


Career 
  
Awal tahun
Valentino Rossi lahir di Urbino, dan dia masih anak-anak ketika keluarganya pindah ke Tavullia. Anak Graziano Rossi, mantan pembalap motor, ia pertama kali mulai naik pada cinta berlomba age.Rossi sangat muda 's pertama karting. Dipicu oleh ibunya, yang Stefania, keprihatinan untuk keselamatan anaknya, Graziano membeli kart sebagai pengganti sepeda. Namun, sifat keluarga Rossi dari terus-menerus ingin pergi lebih cepat diminta merancang ulang; Graziano diganti motor 60cc dengan 100cc motor kart nasional maka anaknya 5 tahun.

Rossi memenangkan kejuaraan kart regional di tahun 1990. Setelah itu dia mengambil minimoto dan sebelum akhir tahun 1991 telah memenangkan balapan daerah banyak.

Rossi terus ras karts dan selesai kelima di kejuaraan kart nasional di Parma. Baik Valentino dan Graziano telah mulai mencari di pindah ke seri 100cc Italia, serta Eropa yang sesuai seri, yang kemungkinan besar akan mendorongnya ke arah Formula Satu. Namun, biaya tinggi menyebabkan karts balap keputusan untuk balapan minimoto eksklusif [rujukan?]. Melalui tahun 1992 dan 1993, Valentino terus belajar seluk-beluk minimoto racing.

Pada tahun 1993, dengan bantuan dari ayahnya, Virginio Ferrari, Claudio Castiglioni dan Claudio Lusuardi (yang mengelola tim Cagiva Sport Produksi resmi), ia naik sepeda motor 125cc Cagiva Mito, yang rusak dalam kecelakaan pertama-sudut tidak lebih dari seratus meter dari pit lane. Dia selesai kesembilan yang balapan.

Meskipun musim pertamanya di Kejuaraan Produksi Sport Italia bervariasi, dia mencapai posisi terdepan dalam lomba akhir musim di Misano, di mana dia akhirnya akan finis di podium. Pada tahun kedua, Rossi telah disediakan dengan Mito pabrik oleh Lusuardi dan memenangkan gelar Italia.


125cc, 250 cc dan 500 cc Kejuaraan Dunia


Aprilia RS 125 (kiri) dan 250 (kanan) dengan Rossi yang memenangkan Kejuaraan Dunia 125cc pada tahun 1997 dan Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 1999.

Pada tahun 1994, Aprilia dengan cara Sandroni, digunakan Rossi untuk meningkatkan RS125R dan pada gilirannya memungkinkan dia untuk belajar bagaimana menangani cepat kecepatan baru 125cc balap. Pada awalnya ia menemukan dirinya di sebuah Sandroni di kejuaraan Italia dan terus 1994 untuk naik melalui tahun 1995 kejuaraan Eropa dan Italia.

Rossi memiliki beberapa keberhasilan dalam musim Kejuaraan Dunia 1996, gagal menyelesaikan lima dari musim ras dan menabrak beberapa kali. Meskipun demikian, pada bulan Agustus ia memenangkan Kejuaraan Dunia pertama Grand Prix di Brno di Republik Ceko pada AGV Aprilia RS125R. Ia menyelesaikan musim di posisi kesembilan dan mulai mendominasi Kejuaraan Dunia 125cc pada musim 1997 berikut, memenangkan 11 dari 15 ras.

Pada tahun 1998, Aprilia RS250 sudah mencapai puncaknya dan memiliki tim pengendara di Valentino Rossi, Loris Capirossi dan Tetsuya Harada. Kematian dua orang temannya dalam kecelakaan mobil juga mengambil tol [kutipan diperlukan]. Dia kemudian menyimpulkan 250cc musim 1998 di tempat kedua, hanya tiga poin di belakang Capirossi. Pada tahun 1999, bagaimanapun, ia memenangkan gelar, mengumpulkan 5 posisi dan 9 menang.

Rossi dihargai pada tahun 2000 untuk Kejuaraan Dunia 250cc dengan diberi tumpangan dengan Honda dalam apa yang kemudian kelas tertinggi di Kejuaraan Dunia balap sepeda motor, 500cc. Jeremy Burgess telah menunjukkan padanya NSR500 dan yakin bahwa pasangan itu dengan Rossi akan membawa apa-apa tetapi sukses [kutipan diperlukan] 500cc Juara Dunia Pensiunan Michael Doohan, yang juga telah Jeremy Burgess sebagai chief engineer, bekerja dengan Rossi sebagai mentor pribadinya. di tahun pertamanya di Honda. Hal ini juga akan menjadi pertama kalinya Rossi akan balap terhadap Max Biaggi, Italia lain kepada siapa ia sering dibandingkan oleh pers balap. [Kutipan diperlukan] Ini akan mengambil sembilan balapan sebelum Rossi akan menang di Honda tetapi, seperti musim sebelumnya di 125 dan 250, itu akan pertanda baik untuk musim kedua lebih kuat saat ia selesai kedua ke Amerika Kenny Roberts, Jr.

Rossi memenangkan 500cc Kejuaraan Dunia pertama pada 2001 (menang 11 balapan) pada tahun terakhir dari kelas itu. Pada tahun berikutnya, dua-stroke 500cc masih diperbolehkan, tapi 2002 melihat awal dari empat-stroke 990cc GP Moto kelas, setelah itu mesin 500cc pada dasarnya. Pada tahun 2001 Rossi bekerja sama dengan American pembalap Colin Edwards untuk balapan Suzuka 8 Jam daya tahan menumpang VTR1000SPW Honda. Pasangan tersebut memenangkan balapan meskipun kurangnya Rossi,  pengalaman balap superbikes.



MotoGPHonda (2002-2003)

 Tahun perdana untuk motor MotoGP adalah 2002, ketika pengendara mengalami masalah tumbuh gigi digunakan untuk mendapatkan sepeda baru. Rossi memenangkan balapan pertama dan kemudian memenangkan delapan dari sembilan balapan pertama musim ini, akhirnya mengklaim 11 kemenangan secara total.Itu lebih sama pada tahun 2003 untuk saingan Rossi ketika dia menyatakan posisi sembilan tiang serta sembilan GP menang untuk mengklaim Kejuaraan Dunia ketiga berturut-turut. GP Australia di Phillip Island pada tahun 2003 dianggap oleh banyak pengamat sebagai salah satu momen terbesar karir Rossi karena keadaan yang unik. Setelah diberi penalti 10-kedua untuk menyalip saat bendera kuning akibat kecelakaan dengan pembalap Ducati Troy Bayliss, depan pelari Rossi mulai menarik diri dari sisa lapangan, akhirnya menyelesaikan lebih dari 15 detik di depan, lebih dari cukup untuk membatalkan hukuman dan memenangkan perlombaan.Ada banyak spekulasi selama paruh kedua musim 2003 tentang rencana Rossi untuk masa depan [kutipan diperlukan]. Beberapa orang menduga bahwa ia akan berhasil dalam upayanya untuk mengklaim gelar ketiga berturut-turut dan bertanya-tanya di mana dia akan pergi di masa depan. Kontrak dengan Honda naik pada akhir tahun dan ada rumor bahwa Rossi telah menjadi agak kecewa dengan perjalanan di Honda. Masa jabatannya di Honda telah efektif ajalnya, ia telah memberikan Honda dengan 500 cc Kejuaraan Dunia serta berturut-turut Kejuaraan Dunia MotoGP.Bermitra dengan skeptisisme meningkat bahwa alasan kesuksesannya adalah dominasi Rossi RC211V bukan, hal itu tak terelakkan bahwa Honda dan Rossi akan bagian. Pertengahan musim rumor menunjuk ke arah kemungkinan pindah ke Ducati, yang mengirimkan pers Italia menjadi hiruk-pikuk, konsep besar Italia pada sepeda besar Italia tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Ducati memang mencoba merayu Rossi dalam mengendarai motor MotoGP mereka, Desmosedici, tapi untuk berbagai alasan Rossi melewati menawarkan up. Kritik mengatakan bahwa dibandingkan dengan produsen lain, Ducati memiliki cara yang signifikan untuk pergi sebelum kompetitif bahkan dengan Rossi di pucuk pimpinan. Hal ini terbukti kebenaran dengan kinerja Ducati bersemangat dalam, musim 2004 yang sebenarnya telah lebih buruk dari tahun perdana mereka di MotoGP pada tahun 2003.Pada tahun 2005 otobiografinya, "Bagaimana Jika Aku Takkan Pernah Mencoba itu?", Rossi menawarkan alasan lain untuk memilih lebih dari Ducati Yamaha, mengatakan bahwa pola pikir di Ducati Corse agak terlalu mirip dengan yang ia mencoba untuk melarikan diri dari di Honda . Pada akhirnya, Rossi menandatangani kontrak dua tahun dengan saingan Yamaha dilaporkan senilai lebih dari (US) $ 12 juta; harga tidak ada produsen lain, bahkan Honda, bersedia membayar.

Yamaha (2004–2010) 

Rossi at the 2006 Italian Grand Prix
 Dengan perlombaan tradisional musim di Suzuka dari daftar karena pertimbangan keamanan setelah kecelakaan fatal Daijiro Kato, musim 2004 dimulai di Welkom di Afrika Selatan. Rossi memenangi balapan, menjadi satu-satunya pembalap yang memenangkan perlombaan berturut-turut dengan produsen yang berbeda, setelah memenangkan lomba akhir musim sebelumnya pada Honda. Rossi akan pergi untuk memenangkan delapan dokter lebih di musim ini, terutama melawan Sete Gibernau, dengan Rossi merebut kejuaraan di balapan kedua terakhir musim ini di Phillip Island. Rossi mengakhiri musim dengan 304 poin Gibernau yang 257, dengan Max Biaggi dengan 217 poin 3.
  
Pada tahun 2005 musim Prix motor balap Grand Rossi ditangkap Dunia 7 nya Championship dan Kejuaraan MotoGP 5 lurus. Dia selesai dengan total 367 poin, 147 poin dari tempat finisher 2 Marco Melandri (220 poin), dan Nicky Hayden menyelesaikan 3 dengan 206 poin.

MotoGP musim 2006 dimulai dengan Rossi, sekali lagi, menjadi favorit untuk mengambil Championship, tapi ia mengalami kesulitan pada paruh pertama musim ini. Hayden memegang poin utama di sebagian besar musim ini, tetapi Rossi perlahan-lahan jalan menaiki tangga poin. Ia tidak sampai Motegi ketika Rossi akhirnya meraih 2 dalam lomba poin di belakang Hayden. Dalam Portugis Grand Prix, perlombaan kedua terakhir musim ini, Hayden diambil oleh rekan satu timnya, Dani Pedrosa, dan tidak finish dalam balapan tersebut. Hal ini menyebabkan Rossi yang memimpin poin dengan hanya satu ras yang tersisa di musim ini. Namun, Rossi jatuh awal di Valencia, balapan terakhir, dan Hayden pergi untuk memenangkan Kejuaraan MotoGP 2006. Rossi mengakhiri musim di tempat ke 2.

Rossi kembali ke MotoGP untuk musim 2007 Yamaha mengendarai YZR-M1 yang baru 800 cc. Pada balapan pertama di Qatar dia datang kedua Casey Stoner pada Ducati Desmosedici. Pada putaran kedua musim ini Rossi memenangkan balapan kedua musim di Spanyol, dan akan menang 3 lebih ras musim itu. Stoner mendominasi musim, memenangkan 10 balapan untuk mengambil gelar pertamanya, 125 poin dari posisi kedua Dani Pedrosa. Pedrosa menang dalam balapan terakhir di Valencia dikombinasikan dengan Rossi pensiun berarti bahwa ia mengalahkan Rossi ke tempat ketiga dengan satu titik. Ini adalah kejuaraan terendah posisi Rossi sejak musim pertamanya di 1996 di 125s. Motornya tidak memiliki daya saing, khususnya di kecepatan tertinggi dibandingkan dengan Honda atau Ducati, dan dia mengancam akan meninggalkan Yamaha jika mereka tidak mampu untuk memberikan paket yang lebih baik.


Untuk tahun 2008 Rossi diubah ke ban Bridgestone. Musim mulai perlahan-lahan dengan finis kelima di Qatar, tapi ia meraih kemenangan pertamanya di Shanghai, dan juga memenangkan dua balapan berikutnya. Dari balapan itu, Rossi di podium setiap lomba yang tersisa (kecuali putaran Belanda di Assen, di mana ia jatuh di lap pertama dan selesai 11), memenangkan total sembilan balapan di musim ini. Kemenangan-Nya di Laguna Seca (setelah lulus di sudut "Corkscrew" atas Stoner, yang jatuh tapi terus dan mengambil tempat kedua) dan pada perlombaan diperpendek hujan di Indianapolis, berarti bahwa Rossi telah memenangkan dalam setiap rangkaian arus dalam kalender . Kemenangannya di Motegi adalah kemenangan pertamanya di sana pada motor MotoGP. Kemenangan di Motegi Rossi memenangkan gelar pertamanya 800cc MotoGP, keenam dalam kategori utama, dan kedelapan secara keseluruhan.

Pada tanggal 8 Juni 2009, Valentino Rossi mengendarai Yamaha sekitar Isle terkenal Kursus Man TT dalam pangkuan pameran di sepanjang sisi sesama sepeda motor legenda Italia Giacomo Agostini, dalam apa yang disebut 'Lap of the Gods'.


Musim 2009 Rossi memenangkan 6 melihat ras untuk memenangkan gelar juara 9 nya, mengalahkan rekan satu timnya Jorge Lorenzo ke posisi kedua dengan 45 poin. 6 menang adalah jumlah terendah dari kemenangan Rossi telah di musim kejuaraan pemenang; sebelumnya terendah adalah 9 pada tahun 1999 di kelas 250 cc dan 2003, 2004 dan 2008 di MotoGP.

Kemenangannya pada 2009 Belanda TT di Assen adalah kemenangan ke-100 Rossi, hanya menjadi pembalap kedua dalam sejarah grand prix motor mencapai 100 menang. 

Rossi celebrates his 100th career
 Musim 2010 dimulai dengan Rossi topping yang paling dari semua sesi pra-musim pengujian dan mengambil kemenangan di balapan pertama musim di Qatar, setelah pemimpin awal Casey Stoner jatuh keluar. Rossi cedera bahu dan punggungnya saat pelatihan pada sepeda motorcross setelah Grand Prix Jepang ditunda hingga Oktober karena gangguan terhadap perjalanan udara setelah letusan gunung berapi kedua Eyjafjallajökull di Islandia. Berikut dua putaran Rossi dikalahkan oleh rekan setimnya Lorenzo dengan Rossi mengeluh tentang nyeri bahu. Cedera itu tidak dianggap serius pada awalnya dan diharapkan untuk menyembuhkan dalam beberapa minggu, tapi tidak berubah seperti yang diharapkan dan air mata ligamen di bahu gagal untuk cukup menyembuhkan.

Ducati 2011 

Rossi during a pre-season test
at Sepang in February 2011.
 Pada tanggal 15 Agustus 2010, setelah balapan Brno, Rossi menegaskan, ia akan naik untuk Ducati Corse, menandatangani kontrak dua tahun mulai tahun 2011, bergabung dengan mantan rekan setimnya Honda Nicky Hayden di tim. Dia diuji Desmosedici untuk pertama kalinya di Valencia pada 9 November 2010, membuat penampilan pertamanya sejak 1999, pada sepeda motor Italia. Rossi menjalani operasi pada bahunya yang cedera selama musim 2010, agar siap untuk pengujian pra-musim di Malaysia. Setelah kemajuan asli selama tes pertama, Ducati gagal memenuhi harapan tim Malaysia di tes kedua dan meninggalkan Rossi puas, setelah selesai lebih dari 1,8 detik di belakang pengaturan kecepatan Casey Stoner-Honda.

Rossi memulai musim dengan finis ketujuh di Qatar, sebelum kelima di kondisi basah di Jerez, meskipun tabrakan dengan Casey Stoner, yang Rossi kemudian meminta maaf atas. Lain tempat kelima diikuti di Portugal, sebelum tempat ketiga di Le Mans, manfaat dari tabrakan antara Dani Pedrosa dan Marco Simoncelli, dengan Pedrosa pensiun dari balapan dan Simoncelli diberi penalti naik-melalui. Rossi kemudian selesai empat balapan berikutnya di dalam enam besar, dengan terbaik keempat di Assen. Kesembilan di Sachsenring, diikuti oleh sepasang tempat keenam di Laguna Seca dan Brno, dan tempat kesepuluh di Indianapolis.

Sebuah finis ketujuh di Misano diikuti oleh selesai tempat kesepuluh di Aragon, sebelum pensiun putaran pertama di Jepang, setelah kontak dengan Jorge Lorenzo dan Ben Spies, yang meninggalkan Rossi dengan pukulan ke jarinya. Dia juga pensiun di Australia, tersingkir di tengah-tengah balapan. Di Malaysia, Rossi berkualitas kesembilan namun terlibat dalam tabrakan dengan Marco Simoncelli dan Colin Edwards pada putaran kedua perlombaan. Simoncelli jatuh saat menjalankan keempat, mendarat di jalan Edwards dan Rossi, yang keduanya memukul Simoncelli Honda dengan helm Simoncelli juga datang dari dalam insiden itu. Simoncelli kemudian meninggal dari luka-luka yang dideritanya dalam kecelakaan itu, dan ras itu dibatalkan. Pada balapan terakhir di Valencia, Rossi pensiun di tikungan pertama setelah Alvaro Bautista jatuh dari sepedanya dan menurunkan Rossi, tim-mate Hayden dan Randy de Puniet dalam proses. Dengan pensiun, Rossi menyelesaikan musim tanpa kemenangan untuk pertama kalinya dalam karirnya Grand Prix, dan selesai tempat ketujuh dalam kejuaraan.


Julukan Atau Nama Lain Rossi  

Valentino Rossi telah memiliki banyak nama julukan selama karir balapnya. Julukan pertama yang menonjol Nya adalah "Rossifumi." Rossi menjelaskan etimologi julukan ini sebagai referensi dan penghargaan kepada sesama pengendara Norifumi Abe [kutipan diperlukan].Tutup berikutnya muncul beberapa kali hari-harinya balap di Kejuaraan Dunia 250 cc. Julukan "Valentinik" adalah referensi ke superhero Donal Bebek Italia, "Paperinik". [Rujukan?]Karena dominasinya dalam 500 cc dan MotoGP, Rossi telah menggunakan julukan "The Doctor." Ini telah dikaitkan dengan-Nya "pembongkaran dingin dan klinis dari lawan-lawannya" serta ketenangannya dingin dan tenang dalam balap dibanding hari-hari sibuk di 125 cc dan 250 cc di mana penampilannya tidak menentu dan berbahaya, mengakibatkan crash banyak. [ Kutipan diperlukan] Dua teori berlaku seperti mengapa Rossi menggunakan "The Doctor." Salah satunya adalah bahwa Rossi diadopsi julukan pada memiliki meraih gelar sarjana, yang di Italia hak seseorang untuk menggunakan gelar "Dokter". Lain, sebagaimana diucapkan oleh Graziano sendiri, "The Doctor karena, saya tidak berpikir ada alasan khusus, tapi itu indah, dan penting, The Doctor. Dan di Italia, The Doctor adalah nama yang Anda berikan kepada seseorang untuk menghormati , itu sangat penting, The Doctor ... penting "[33]. Rossi sering lelucon, bagaimanapun, bahwa nama itu tiba karena di Italia, Rossi adalah nama umum untuk Dokter.Dia selalu berpacu dengan nomor # 46 di karirnya sepeda motor grand prix. Jumlah ayahnya berpacu dengan bagian pertama dari 3 nya prix menang besar karir, pada tahun 1979, di Yugoslavia, pada Morbidelli 250C. Biasanya, pemenang Kejuaraan Dunia diberikan stiker # 1 untuk musim berikutnya. Namun, dalam penghormatan Barry Sheene, yang merupakan pembalap pertama dari era modern untuk menyimpan nomor yang sama (# 7), Rossi telah tinggal dengan sekarang terkenal # 46 sepanjang karirnya, meskipun sebagai juara dunia yang telah dipakai yang # 1 di bahu kulit balapnya.Teks pada helm mengacu pada nama kelompok teman-temannya: "Suku dari Chihuahua," dan huruf WLF pada kulit nya berdiri untuk "La Viva Figa," Italia untuk "Pussy Hidup Panjang." Dia sejauh ini telah lolos dari sanksi atau ultimatum bahwa dia menghapus surat-surat karena "W" dalam "WLF" mewakili dua "V" s di "Viva". Sama nyata adalah keberhasilannya di setiap tindakan disipliner melarikan diri dari FIM atau Dorna untuk memiliki huruf sehingga berani pada daerah leher bagian depan kulit nya. Dia tradisional juga mencakup warna kesukaannya (kuning neon) ke dalam desain kulitnya. Hal ini juga mendapat dia 'Pen Highlighter' julukan baru-baru ini. Hal ini paling sering digunakan oleh komentator Toby Moody Ryder dan Julian.


Sourch : Wikipedia



1 komentar:

  1. Artikelnya Mantap Gan....

    bagi-bagi wawasan Juga Neeh, HATI-HATI duduk kelamaan. bisa kena penyakit Wasir atau AMBEIEN, Gak percaya. neeh Baca Klik Mengobati Wasir Tanpa Operasi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...